Rabu, 03 September 2014

Browse Manual » Wiring » » » » » » » » » » » » » Kritik Artikel “Mahasiswa Asing di Amerika Serikat” yang ditulis oleh Gaia Khairina

Kritik Artikel “Mahasiswa Asing di Amerika Serikat” yang ditulis oleh Gaia Khairina

Setelah membaca artikel yang ditulis oleh Gaia Khairina, saya menjadi lebih tahu mengenai peran mahasiswa asing yang menuntut ilmu di Amerika Serikat. Ternyata mahasiswa asing membawa dampak yang cukup positif bagi mahasiswa lokal. Mahasiswa lokal berpendapat bahwa keberadaan mahasiswa asing memberi warna dalam kehidupan mereka. Dengan adanya mahasiswa asing, mereka menjadi lebih terbuka pada berbagai kelompok etnis. Mahasiswa asing juga mempermudah mahasiswa lokal dalam mempelajari budaya yang dibawa oleh mahasiswa asing. Contohnya, saat seorang mahasiswa Amerika yang bernama Goldstein berencana magang di Bangladesh. Ia mempelajari budaya-budaya masyarakat Bangladesh melalui temannya yang berasal dari Bangladesh. Bahkan menurutnya, temannya tersebut memperkenalkan kehidupan masyarakat Bangladesh dengan lebih nyata daripada bila ia membacanya buku panduan wisata.
Namun sayangnya, pendapat tersebut hanyalah pendapat mahasiswa lokal saja. Menurut Gaia, masih ada sebagian mahasiswa asing yang hanya bergaul dengan mahasiswa yang satu bahasa dengannya. Misalnya, mahasiswa yang berasal dari Indonesia hanya mau dan ingin bergaul dengan mahasiswa yang berasal dari Indonesia. Hal tersebut terjadi karena ketidakfasihan mahasiswa asing dalam berbahasa Inggris. Padahal sebenarnya mahasiswa lokal tidak mempunyai masalah apabila mahasiswa asing belum lancar berbahasa Inggris. Menurut mereka, justru seharusnya mahasiswa asing lebih banyak bergaul dengan mahasiswa lokal agar memperlancar bahasa Inggris mereka.
Tak hanya kendala bahasa, mahasiswa asing di Amerika Serikat juga tidak percaya diri. Menurut Gaia, hal tersebut terjadi karena pada umumnya mereka merasa kesepian dan kesulitan untuk menyesuaikan diri dengan kehidupan di sana, yang berbeda dengan kehidupan di negara asal masing-masing.
Gaia Khairina, seorang mahasiswa S-1 jurusan Environmental Science di Clark University, mempunyai solusi untuk permasalahan-permasalahan yang dialami oleh mahasiswa asing di Amerika Serikat. Mereka hanya perlu mengikuti kegiatan-kegiatan kampus di luar kelas agar mereka tidak kesepian sekaligus untuk memperlancar bahasa Inggris mereka. Mahasiswa asing tidak seharusnya merasa rendah diri karena hal tersebut hanya akan memperburuk citra mereka di hadapan mahasiswa lokal sebagai mahasiswa asing.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar